Jumat, 06 Januari 2017

TEKNIK ANALISA MERAMALKAN KAS PERUSAHAAN

FEBY FITRIANI
22216765
IT-022234
Penulisan ini dibuat dengan tujuan agar pembaca mampu mengidentifikasi macam-macam bentuk badan usaha dan implementasi pada setiap badan usaha yang akan dipilih berdasarkan kondisi tertentu. Penulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas dari Mata Kuliah Pengantar Bisnis (softskill). Materi yang akan dibahas dalam penulisan ini berisi Teknik Analisa Meramalkan Kas Perusahaan. Dengan adanya penulisan ini diharapkan para pembaca dapat memahami dan menganalisis keuangan dalam memprediksi jumlah kas yang dibutuhkan perusahaan. Metode penulisan yang dibuat adalah dengan melakukan tinjauan dari berbagai macam web, serta dengan menggunakan buku-buku lengkap dari sumber yang terpercaya.

Dua macam anggaran yang sering digunakan perusahaan yaitu:
     1.Anggaran kas
Adalah proyeksi dari sumber dan penggunaan kas perusahaan.
     2.Anggaran Operasi
Adalah suatu proyeksi tentang penghasilan dan biaya perusahaan.

Sumber penerimaan kas
 - Penjualan investasi jangka panjang
 - Penambahan modal
 - Pengeluaran surat tanda bukti hutang
 - Penjualan tunai
 - Kredit dari bank, dll.

Sumber pengeluaran Kas
 - Pembelian saham
 - Pembayaran hutang
 - Pembelian surat berharga
 - Pembelian tunai
 - Bayar pajak, dll.


1.    Keuangan Perusahaan
Perusahaan keuangan merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi utama menyalurkan dana dari yang surplus/ berlebih kepada mereka yang kekurangan dana.
Adapun jenis-jenis perusahaan keuangan, yaitu :
     ·Bank Komersial (Commercial Banks)
Lembaga simpanan yang memiliki asset utama berupa pinjaman dan kewajiban utama lain yaitu tabungan (deposits).
     ·Thrifts
Lembaga simpanan dalam bentuk tabungan atau pinjaman, savings banks dan credit unions.
     ·Perusahaan asuransi
Lembaga keuangan yang menjaga individu dan perusahaan (policy holders)  dari even/kejadian yang buruk.
      ·Perusahaan sekuritas dan bank investasi
Lembaga keuangan yang menjamin sekuritas dan terlibat dalam kegiatan sehubungan seperti broker surat berharga, jual beli surat berharga, dan menghasilkan pasar dimana surat berharga diperdagangkan.
     ·Perusahaan Pembiayaan (Finance companies)
Lembaga penghubung keuangan yang memberi pinjaman kepada individu dan bisnis.
    ·Reksa dana (Mutual Funds)
Lembaga keuangan  yang menawarkan rencana simpanan dimana dana milik partisipan mengakumulasi tabungan selama tahun bekerja mereka sebelum diambil selama tahun penisun mereka.

     Pengertian Estimasi
Pengertian estimasi pada kamus besar Bahasa Indonesia adalah perkiraan, penilaian dan pendapat. Ini menunjukkan bahwa istilah estimasi dapat digunakan secara umum untuk menyatakan perkiraan, penilaian dan pendapat terhadap sesuatu. 

2. Pengertian Estimasi Penjualan
Estimasi penjualan adalah ramalan / estimasi mengenai seberapa banyak unit dan nilai uang yang berasal dari kegiatan penjualan pada suatu perusahaan di masa yang akan datang.  Penyusunan perencanaan keuangan apabila  disajikan dengan benar, maka informasi tersebut akan berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam rangka pengembangan usaha yang dilakukan.

3. Pengertian Estimasi Produksi
Estimasi produksi adalah anggaran penjualan yang telah disesuaikan dengan persediaan barang. Biaya produksi atau Harga Pokok Produksi (Cost of Goods Manufactured) merupakan kumpulan dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan mengolah bahan baku sampai menjadi barang jadi

4.    Estimasi Pembelian Bahan Langsung
Didasarkan pada anggaran penggunaan bahan langsung.
Digunakan sebagai acuan dalam membuat anggaran biaya produksi.
Data yang diperlukan :
     - Harga beli bahan baku
     - Tingkat persediaan awal
     - Target persediaan akhir

5.    Estimasi Pemakaian Bahan Langsung
     -Budget Biaya Pemakaian Bahan Baku
Budget kebutuhan bahan baku hanya memuat kuantitas kebutuhan bahan baku yang diperlukan. Untuk menghìtung jumlah bìaya pemakaian bahan baku masih diperlukan data harga setiap jenis bahan baku per unit yang diperlukan untuk proses produksi. Oleh karena itu, budget biaya pemakaian bahan baku merupakan kuantitas bahan baku dikalikan dengan harga setiap jenis bahan baku per unit.
Perhítungan tersebut tentu saja hanya berlaku jika'harga per unit bahan baku tetap sepanjang periode budget. Jika terjadi perubahan harga per unit, maka metoda-metoda aliran biaya persediaan yang digunakan perlu dipertimbangkan, yaitu metoda FIFO, metoda LIFO, dan metoda rata-rata.

6. Upah Langsung                                                                   
Upah yang diberikan secara langsung kepada para pekerja setelah mereka melakukan apa yang menjadi kewajiban mereka sebagai pekerja.

7. Estimasi Beban Fabrikase
Estimasi beban fabrikase merupakan estimasi yang didapatkan dari perhitungan beban fabrikase. Beban Fabrikase adalah :
Bahan langsung (Direct Materials), adalah semua bahan yang membentuk bagian integral dari barang jadi. Contoh : Biaya pembelian Kayu di perusahaan meubel.
Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor), adalah tenaga kerja yang dikerahkan untuk mengubah bahan langsung menjadi barang jadi. Contoh : Biaya untuk pembayaran pegawai yang membuat meja
Biaya Overhead Pabrik :
   a. Bahan Tidak Langsung, adalah bahan yang dibutuhkan guna menyelesaikan suatu produk, tetapi pemakaiannya sedemikian kecil. Contoh : Biaya untuk pembelian amplas, paku, lem.
   b. Tenaga Kerja Tidak Langsung, tenaga kerja yang dikerahkan secara tidak langsung mempengaruhi pembuatan barang jadi. Contoh : Biaya untuk membayar pengawas/mandor
   c. Biaya Tidak Langsung Lainnya, contoh : Biaya telepon, listrik, air, dan lain-lain.

8.    Estimasi Harga Pokok Penjualan
Ringkasan dari anggaran produksi dengan memperhatikan tingkat persediaan akhir.
Data yang diperlukan :
     1. Data yang telah dihitung dalam anggaran produksi, anggaran bahan langsung, anggaran overhead dan anggaran tenaga langsung. 
     2.Keakuratan datanya dipengaruhi data dalam anggaran yang lain.


9.    Estimasi Beban Penjualan
Estimasi beban penjualan adalah beban si penjual karena terdapat beberapa faktor yang membuat perusahaan atau si penjual oleh pihak-pihak tertentu.

10.  Estimasi Beban Administrasi
Beban administrasi perusahaan yang fokus dari kepentingan politik pada saat ini.
Badan penelitian estimasi total biaya administrasi di sektor pekerjaan sementara.
Penyebab utama dari ukuran biaya administrasi di sektor pekerjaan sementara adalah :
     -Tingginya jumlah pekerja pekerjaan sementara dan tingginya laju perubahan pada pekerja pekerjaan sementara (rata-rata tahunan 1.3 juta pendaftaran, 1.1 juta penempatan dan 15.6 juta pembayaran remunerasi)
     -Perubahan undang-undang banyak dan perubahan kecil yang menghadapi sektor pekerjaan sementara
     - Penerapan sistem pembayaran remunerasi mingguan (bukan bulanan atau per 4 minggu), yang melekat pada penggunaan pekerja flex.

11. Estimasi Laba Rugi
adalah laporan keuangan suatu perusahan yang menunjukan keuntungan atau kerugian. di mana semua laporan keuangan di tunjukan pada estimasi ini, karena dengan estimasi ini perusahaan ini bisa mengetahui apakah perusahaan ini mendapatkan keuntungan atau laba ataupun memperoleh kerugian.
12. Estimasi Kas
adalah laporan keuangan yang menunjukan berapa uang yang di punyai oleh perusahaan itu, karena dengan adanya kas perusahaan dapat mengetahui berapa jumlah uang atau kas yang ada.apakah perusahan tersebut memperoleh keuntungan atau kenaikan kas atau bahkan memeproleh penurunan kas.
Kesimpulan :
Perusahaan keuangan merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi utama menyalurkan dana dari yang berlebih kepada yang kekurangan dana. Terdapat banyak jenis perusahaan keuangan, antara lain : Bank Komersial, Thrifts, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Sekuritas dan Bank Investasi, Perusahaan Pembiayaan serta Reksa Dana. Estimasi pada KBBI merupakan hal yang dapat menyatakan perkiraan, penilaian dan pendapat terhadap sesuatu. Penyusunan perencanaan keuangan apabila  disajikan dengan benar, maka informasi tersebut akan berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam rangka pengembangan usaha yang dilakukan pada estimasi penjualan sedangkan estimasi produksi adalah anggaran penjualan yang telah disesuaikan dengan persediaan barang yang ada. Estimasi pembelian bahan langsung  didasarkan pada anggaran penggunaan bahan langsung. Pada estimasi pemakaian bahan langsung budget kebutuhan bahan baku hanya memuat kuantitas kebutuhan bahan baku yang diperlukan. Upah yang diberikan secara langsung kepada para pekerja setelah mereka menunaikan kewajibannya merupakan upah langsung. Estimasi beban fabrikase merupakan estimasi yang didapatkan dari perhitungan beban fabrikase. Estimasi beban penjualan adalah beban si penjual karena terdapat beberapa faktor. Beban administrasi perusahaan yang fokus dari kepentingan politik. Estimasi Laba Rugi adalah laporan keuangan suatu perusahan yang menunjukan keuntungan atau kerugian dan Estimasi Kas adalah laporan keuangan yang menunjukan berapa uang yang di punyai oleh perusahaan.

Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Favorite and Dream Places

SAFARI PARK         One of the favorite places I have visited is Safari Park, or better known as Taman Safari Indonesia by the sur...