Minggu, 02 Oktober 2016

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan (Softskill Pengantar Bisnis)

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
Feby Fitriani / 22216765 / 1EB17

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas rangkuman mata kuliah Pengantar Bisnis. Dengan tugas ini diharapkan pembaca mengerti tentang perusahaan dan Lingkungan Perusahaan. Adapun isi penulisan ini adalah seputar pengertian dari Perusahaan, Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan, Perusahaan dan Lembaga Sosial, Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan, dan Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan. Metode apa yang akan digunakan adalah tinjuan dari berbagai sumber bacaan serta teori-teori yang akan dirangkum sedemikian rupa nantinya.

1. Perusahaan
1.1. Pengertian Perusahaan

       Perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan Produksi dan Distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi, yaitu manusia, alam dan modal.

1.2. Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan

       Dalam sebuah perusahaan pasti terdapat sebuah kedudukan dan letak atau lokasi dari perusahaan tersebut, berikut pengertiannya :
Tempat Kedudukan : kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Jadi bisa dibilang induk dari sebuah perusahaan yang mungkin saja memiliki cabang-cabang diberbagai tempat. Dan di induk perusahaan ini (kantor pusat) semua laporan dari berbagai cabang akan di olah lebih lanjut disini.
Letak Perusahaan : Tempat Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu melakukan kegiatan fisik. Yang dimana semua kegiatan perusahaan yg internal dilakukan di perusahaan tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah wadah ataupun tempat penampungan bisnis yang akan dikelola.sebagai contoh bentuk tempat perusahaan adalah pabrik tempat memproduksi barang.
Jenis letak perusahaan :
  1. Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah
    Lokasi ini sudah ditetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan dan pastinya harus mendapatkan izin IMB yg resmi dari pemerintah setempat. Contohnya adalah seperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya.
  2. Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah
    Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di Yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
  3. Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam
    Lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
  4. Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi
    Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
1.3 Perusahaan dan Lembaga Sosial

      Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
      Fungsi lembaga sosial adalah untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, menjaga keutuhan dari masyarakat, sebagai paduan masyarakat dalam mengawasi tingkah laku anggotanya.
       Dengan demikian, yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup, dan tanggung jawab sosial. Lembaga sosial lebih menekankan prioritasnya pada tanggung jawab sosial. Sebaliknya, perusahaan berorientasi pada perolehan keuntungan, umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan.
1.4 Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan
     1. Lingkungan Eksternal
         Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan social  ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi:
         A. Lingkungan Ekternal Macro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha
             Contoh : 
      • Keadaan Alam
      • Politik Hankam
      • Hukum
      • Perekonomian
      • Pendidikan dan Kebudayaan
      • Sosisal Budaya
      • Kependudukan
      • Hubungan Internasional 
         B. Lingkungan Ekternal Micro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha

             Contoh:
      • Pemasok / Supplier
      • Perantara ( distributor, pengecer )
      • Teknologi
      • Pasar

      2. Lingkungan Internal

          Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh :
      • Tenaga Kerja
      • Peralatan dan Mesin
      • Permodalan
      • Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
      • Sistem Informasi dan Administrasi
Pengaruh lingkungan Internal pada perusahaan adalah :
Faktor Lingkungan
Pembuatan suatu perusahaan membutuhkan lingkungan yang konsisten dan tidak mempengaruhi lingkungan sekitarnya secara negatif.

Ilmu pengetahuan dan seni
Ilmu penegtahuan menunjukkan metode, manajemen kepada pimpinan dalam mengelola perusahaan. 

Pemerintah dan hukum
Aspek positif dari pemerintah akan dibutuhkan oleh perusahaan ialah perlindungan terhadap hak milik, pemeliharaan tata hukum, dan keamanan, serta penggunaan keuangan.

Uang, kredit, kapital
Uang kredit merupakan darah bagi kehidupan perusahaan. Apabila uang, kredit, dan kapital ini lambat akan menghambat jalannya perusahaan. 

Sikap konsumen
Usaha perusahaan untuk mengurangi resiko dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan sikap konsumen dan publik.

Kepercayaan dan agama
Mempengaruhi tingkah laku manusia serta etika masyarakat, hal ini mempengaruhi kebijaksanaan perusahaan yang diambil oleh manajer. 

Hubungan internasional
Hunungan ini meliputi penyediaan sumber ekonomi, bahan perdagangan dan politik mungkin tidak terbatas pada bahan dasar, tetapi juga berupa tenaga kerja terdidik yang didatangkan dari luar negeri.




   1.5 Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan    
         Kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Hubungan antar bisnis dengan lingkungan sangat erat. Perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan tersingkir dari kancah persaingan bisnis. Hubungan antar bisnis dengan dengan lingkungan kemudian ditelaah oleh para usahawan. Pada mulanya telaah dilakukan secara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa bisnisnyalah yang merupakan hal yang terpenting atau yang menduduki titik sentral sedangkan lingkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi bisnisnya. Pandangan tradisional tersebut sering disebut dengan yang berorientasi produsen atau “Producer Oriented Aproach”. Pandangan itu memang cocok dengan kondisi saat itu , dimana pada saat itu keadaannya disebut sebagai “seller’s market”, yang artinya produsen masih langka sehingga barang apapun yang dihasilkan akan selalu terjual.

Kesimpulan
Perusahaan adalah suatu organisasi produksi atau bentuk usaha yang menjalankan kegiatan cara tetap dan terus menerus dengan tujuan memprleh keuntungan dengan cara memperniagakan barang barang, menyerahkan barang-barang, atau, mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan.
Darai pengertian perusahaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur perusahaan meliputi :
A.        Badan dan Usaha
B.        Kegiatan dalam Bidang Usaha atau Ekonomi
C.        Terus-menerus
D         Mencari Keuntungan atau Laba
F.         Melakukan Pembukuan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya.

Perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus berdasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
REFRENSI
Junaidi Abdullah, Aspek Hukum dalam Bisnis, Nora Media Enterprise, Kudus, 2010
Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Bisnis Modern; Edisi 3, Liberty, Yogyakarta, 2002
http://www.academia.edu/4845534/MAKALAH_LINGKUNGAN_BISNIS

http://www.jurnalhukum.com/pengertian-perusahaan-dan-unsur-unsur-perusahaan/

https://www.scribd.com/doc/84124932/Pengertian-Organisasi-Perusahaan

2 komentar:

  1. izin bertanya,Bagiamana cara menentukan lokasi jika kita ingin membuat sebuah perusahaan di kawasan cagar alam?

    BalasHapus
  2. Berikan contoh pengaruh faktor lingkungan internal dan eksternal berpengaruh dalam kegiatan produksi di perusaan?

    BalasHapus

My Favorite and Dream Places

SAFARI PARK         One of the favorite places I have visited is Safari Park, or better known as Taman Safari Indonesia by the sur...