ANALISIS
PENGARUH UMKM PERUSAHAAN DAGANG TERHADAP OTONOMI DAERAH GRAND
GALAXY CITY BEKASI
Dosen
: Antoni SE,.MM
1EB17
Kelompok : 3
·
Diyan Sulistiyowati (22216150)
·
Evita Sania Yolanda (28216429)
·
Feby Fitriani (22216765)
·
Ghina Nurjihan (23216021)
PEREKONOMIAN INDONESIA
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa, dengan rahmat maupun
karunia-Nya makalah ini dapat disusun dengan baik. Makna dari pembuatan makalah
ini adalah sebagai materi pembelajaran bagi mahasiswa untuk meningkatkan
pemahaman dan kemampuan mengenai Izin Akses Pada Linux. Kami juga berterimakasih
kepada Bapak Anton selaku Dosen Mata Kuliah Perekonomian Indonesia yang telah
memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini
dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai pengaruh
kegiatan UMKM pada otonomi daerah. Walaupun makalah ini telah diselesaikan
dengan baik, bukan berarti makalah ini dikatakan sempurna. Kami menyadari dalam
pembuatan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Baik dalam pemilihan kata
atau kalimat, penulisan dan penyampaian masalah yang kurang tepat. Oleh karena
itu, kami sebagai penulis mengharapkan saran dan kritik untuk mendekati kata
kesempurnaan pada pembuatan makalah di kemudian hari.
Semoga makalah yang sederhana ini
dapat dipahami bagi siapapun. Sekiranya makalah yang telah disusun ini pula
dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami
mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan. Kami
memohon kritik dan saran yang membangun dari anda, demi perbaikan makalah ini
di waktu yang akan datang.
Bekasi, 27 April 2017
Kelompok 3
ABSTRAK
Kelompok
4, 2017. PENGARUH USAHA MIKRO KECIL
DAN MENENGAH TERHADAP OTONOMI DAERAH. Paper. Bekasi : Universitas
Gunadarma
Penulisan ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap otonomi daerah.
Penulisan ini dilakukan pada bulan Maret 2017 dan berakhir pada bulan April
2017. Penelitian ini tidak terikat tempat karena merupakan penelitian
kepustakaan. Metode yang digunakan adalah wawancara. Objek penelitian ini
adalah usaha – usaha yang berada di Grand Galaxy City. Penelitian ini
difokuskan untuk mengetahui pengaruh Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Teknik
pengumpulan data dan analisis data yang dilakukan adalah wawancara dan mencari
referensi dari berbagai sumber seperti buku, internet, dan media lainnya serta
menarik kesimpulan.
Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan
Menengah sangat penting dan strategis dalam mengantisipasi perekonomian
kedepan. Adanya krisis perekonomian nasional seperti sekarang ini sangat
mempengaruhi stabilitas nasional, ekonomi dan politik, yang imbasnya berdampak
pada kegiatan – kegiatan usaha besar yang semakin terpuruk, sementara Usaha
Mikro Kecil dan Menengah relatif masih dapat mempertahankan usahanya.
BAB I
PENDAHULUAN
1.
LATAR
BELAKANG
Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam perekonomian suatu negara
sangatlah penting, UMKM melambangkan kekuatan pembangunan ekonomi sebuah
negara. Pentingnya UMKM sebagian besar berkaitan dengan sebutan sebagai tulang
punggung ekonomi pembangunan. Kehadiran UMKM dapat menciptakan inisiatif, inovasi
dan semangat kewirausahaan secara keseluruhan. Peranan UMKM dapat dikatakan
sangat penting dalam perekonomian nasional, peranan tersebut terutama dalam
aspek-aspek seperti peningkatan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan,
pembangunan ekonomi. Kehadiran UMKM merupakan dasar bagi pertumbuhan
perekonomian banyak negara di dunia dan termasuk Indonesia. Dalam sepuluh
terakhir ini, keberadaan UMKM di Indonesia meningkat dengan pesat. Badan Pusat
Statistik mencatat perkembangan UMKM di Indonesia mencapai angka 55,3 juta di
tahun 2010. Maka dapat dilihat bahwa UMKM memberikan pengaruh cukup besar terhadap
pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Inilah sebabnya diperlukan kerja sama
pemerintah untuk mendukung pengembangan pasar melalui inovasi di negara-negara
berkembang. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha ekonomi
yang penting dalam perekonomian Kota Medan. Hal ini disebabkan, Usaha Mikro
Kecil Menengah (UMKM) merupakan sektor usaha yang dapat membantu pemerintah
dalam menciptakan lapangan kerja dan memiliki jumlah terbesar dengan daya serap
angkatan kerja yang signifikan dalm jumlah besar. Dengan adanya UMKM, tenaga
kerja yang tidak dapat ditampung oleh perusahaan-perusahaan besar dapat diserap
oleh UMKM.
2.
RUMUSAN
MASALAH
2.1.
Bagaimana sejarah perkembangan berdirinya perusahaan tersebut?
2.2.
Berapakah jumlah karyawan yang bekerja pada perusahaan
saat ini?
2.3. Apakah Visi dan Misi perusahaan tersebut?
2.4. Berapa omset perhari?
2.5.
Bagaimana pengaruh UMKM terhadap lingkungan perusahaan? (Otonomi daerah)
3.
TUJUAN
Penulisan ini bertujuan untuk memberikan
pengetahuan, pemahaman, informasi, mengenai pengaruh kegiatan UMKM pada otonomi
daerah kepada para pembaca guna lebih memahami pengertian, dan pengaruh
dilingkungan
BAB
II
PEMBAHASAN
PROFIL PERUSAHAAN
A. Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : OK Bakery & Cake
Nama
Pemilik : Tjia Silvi
Tanggal
berdiri : 2 Maret 2017
No.
Telepon : 021-8228234
Alamat
Perusahaan : Taman Galaxy Blok G2 No.2
Bekasi, Selatan
Jenis
Perusahaan : Kuliner
Jumlah
Karyawan : 5 orang
Produk : Roti dan Kue
B. Riwayat Perusahaan
Tak
bisa dipungkiri lagi pada era modern seperti ini makanan merupakan bisnis yang
selalu menguntungkan para wirausahawan. Jenis usaha di bidang makanan khususnya
kue memiliki peluang yang sangat menjanjikan, karena makanan adalah kebutuhan
primer manusia. Usaha makanan ini tergolong bisnis yang banyak diminati bagi
para konsumen. Selain keuntungannya yang menjanjikan, investasi yang dibutuhkan
untuk bisnis makanan ini juga cukup terjangkau dengan harga yang bervariasi. OK
Bakery & Cake yang berdiri pada tanggal 2 Maret 2017 dimana awalnya Mbak
Tjia Silvi terinspirasi dari kecintaannya pada roti dan dukungan dari
keluarganya ini menjadi salah satu jajaran kuliner khususnya cemilan yang mudah
memuaskaan para konsumen dengan macam-macam aneka rasa dan inovasi baru.
Berdirinya OK Roti memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan
dengan kebutuhan dan dengan skill yang
di miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.
Visi:
“Mewujudkan OK Bakery & Cake yang berkualitas dan terdepan”
Misi:
-Mengutamakan
kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (roti atau
kue).
-Mengembangkan
inovasi-inovasi baik dalam makanan, serta pelayananannya.
-Menumbuhkan
keterampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang
maksimal.
-Mengembangkan
usaha di beberapa tempat yang strategis agar menjadi Toko Roti terbaik di
Indonesia.
-Menjaga
kebersihan makanan, dapur serta resta Toko agar selalu terjaga dan menjamin
kenyamanan.
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Banyak hal yang harus kami rencanakan, laksanakan
serta kami kontrol dan evaluasi. Baik bagi mereka yang baru akan memulai bisnis
kuliner, maupun mereka yang sudah menjalankannya. Tanpa dikelola secara
profesional, bisnis tidak akan berjalan dan sulit berkembang.
Kami juga sangat mengutamakan kualitas karyawan yang
sudah berpengalaman terutama dalam bidang memasak. Adapun penyeleksian karyawan
seperti berikut;
Lulusan D3;
-D3 Jurusan Tata Boga sebagai Koki atau
Chef.
-D3 Desain Komunikasi Visual (DKV)
sebagai Designer interior restaurant.
-Disiplin, rapih, jujur dan cekatan
dalam bekerja.
Lulusan SMA/SMK;
-Usia minimal 18 tahun sebagai pelayan.
-Disiplin, rapih, jujur dan cekatan dalam bekerja.
Dalam penyeleksian karyawan yang belum berpengalaman
seperti mereka-mereka yang baru saja lulus atau disebut dengan fresh graduate adalah dengan mengikuti
system training selama 3 bulan. Mereka akan ditraining untuk meningkatkan
kualitas kerja yang memumpuni.
Selain itu juga kami juga menerapkan sistem kerja
para karyawan adalah per-shift. Terdiri
dari 2 shift antara lain shift pagi dari pukul 09.00-15.00 dan shift sore dari
pukul 15.00-21.00. Sedangkan pada Weekend restaurant kami buka dari pukul
08.00-22.00.
Tentunya harapan kami adalah supaya para karyawan
kami dapat mengembangkan kembali inovasi-inovasi baru yang lebih kreatif dan
kami sebagai pihak owner dapat memberikan penghargaan karyawan terbaik sebagai
motivasi mereka untuk bekerja lebih semangat dan professional serta makin
berpengalaman.
B.
Manajemen Keuangan
Modal yang kami peroleh melalui tabungan dan
pinjaman melalui suatu bank. Modal yang kami dapat digunakan untuk membeli
peralatan dan perlengkapan toko. Pihak manajemen keuangan restaurant kami
juga mengelola yang dibantu oleh tenaga kerja chasier sebagai orang yang
mencatat transaksi. Jadi hal pertama yang kami lakukan adalah mencatat segala
pengeluaran dan pendapatan disetiap akhir bulan, dari pencatatan tersebut dapat mengetahui transaksi apa saja
yang telah terjadi pada 1 bulan ini atau setiap bulannya. Dari keuntungan yang kita dapat digunakan
untuk membuka cabang baru
C.
Pengembangan
Bisnis
Target pasar adalah usaha yang berlokasi di
tempat-tempat strategis dimana tempat tersebut merupakan daerah persaingan
dalam dunia industry. Dimana tempat-tempat lokasi banyak dikujungi masyarakat.
Untuk pusat nya sendiri berlokasi di Grand Galaxy City, Bekasi Selatan.
Selanjutnya, sasaran pembeli. Dalam menjalankan usaha
ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat. Baik dalam
kalangan bawah, menengah maupun kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut
sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan dengan harga yang
cukup terjangkau. Mulai dari Rp.5000,00 sampai Rp.200.000,00.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
OK
Bakery & Cake mengembangkan bisnis ini tentu saja berpengaruh dalam otonomi
lingkungan sekitar kami, seperti mengurangi pengangguran dengan membuka
lapangan kerja, yang meningkatkan taraf perekonomian bagi karyawan.
PROFIL PERUSAHAAN
A. Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : MARTABAK MAS ALIF
Nama
Pemilik : Mas Tori
Tanggal
berdiri : Berdiri sejak 20 tahun
No.
Telepon : 0812-8013-1550
Alamat
Perusahaan : Depan Ruko Alfamart Grand
Galaxy City, Bekasi, Selatan
Jenis
Perusahaan : Kuliner
Jumlah
Karyawan : 4 orang
Produk : Martabak manis dan
Martabak Telor
B. Riwayat Perusahaan
Salah
satu makanan tradisional yang cukup sederhana dan sangat cocok untuk menjadi
makanan konsumsi di malam hari, sekaligus makanan ringan yang cukup istimewa.
Makanan itu bernama “MARTABAK MAS ALIF”. Martabak Mas Alif sudah berdiri selama
20 tahun, dimana awalnya Mas Tori terinspirasi akan mengembangkan usaha makanan
tradisional Indonesia. Untuk membuat makanan tradisional ini sangatlah
sederhana dan pembuatan makanan ini akan lebih mudah dilakukan secara higienis
serta akan dijual dengan harga yang dapat dijangkau semua kalangan, tentunya
hal ini akan bisa menarik minat masyarakat.
Keberadaan
makanan tradisional ini merupakan sebagai salah satu makanan tradisional khas
dari Indonesia yang memiliki rasa lezat, enak, nikmat dan juga mengandung
nutrisi protein serta makanan tradisional ini telah dikenal dari masa ke masa.
Oleh karena itulah, bisnis makanan ringan ini sungguh layak untuk dikembangkan
menjadi salah satu bisnis kuliner alternatif yang ada di Indonesia. Adanya
beberapa potensi yang dibahas sebelumya di atas, maka saya ingin membuat usaha
makanan ringan, yaitu usaha makanan “MARTABAK MAS ALIF” untuk dikembangkan
menjadi usaha yang cukup besar sehingga masyarakat sekitar senantiasa selalu
mengingat makanan tradisional khas dari Indonesia ini.
Visi
“Menjadikan
makanan tradisional yang khas dari Indonesia yang mampu mencapai dan menembus
hingga ke pasaran secara global.”
Misi
- Membuat
martabak manis yang beraneka rasa dan digemari oleh semua kalangan
- Memasarkan
martabak manis di tempat yang strategis
- Memuaskan
konsumen.
- Membangun
usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia.
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Untuk mengelola bisnis ini saya memerlukan banyak perencanaan,
serta evaluasi.
Karena usaha ini berdiri sendiri, Saya juga sangat
mengutamakan kualitas karyawan terutama dalam bidang memasak. Adapun
penyeleksian karyawan seperti berikut;
-Siap bekerja hingga larut malam
-Mempunyai keterampilan memasak yang baik
Untuk waktu operasionalnya biasanya kami buka setiap
hari jam 18:00 sampai 24:00. Untuk karyawannya sendiri saya hanya membutuhkan 4
tenaga kerja dan setiap harinya pula saya akan mengecek perkembangan dari
karyawan saya.
B.
Manajemen Keuangan
Modal awal yang saya peroleh melalui tabungan dan
pinjaman melalui suatu bank. Modal yang saya dapat digunakan untuk membeli
gerobak, bahan baku dan peralatan memasak. Biasanya dalam hal pengelolaan
keuangan saya sebagai pihak owner yang mengelola. Jadi
hal pertama yang saya lakukan adalah mencatat segala pengeluaran dan pendapatan
disetiap akhir bulan, dari pencatatan
tersebut dapat mengetahui transaksi apa saja yang telah terjadi pada 1
bulan ini atau setiap bulannya.
Dari keuntungan yang didapat digunakan untuk modal membuka cabang baru
C.
Pengembangan
Bisnis
Target pasar adalah usaha yang berlokasi di
tempat-tempat strategis. Dimana tempat-tempat lokasi banyak dikujungi
masyarakat. Untuk pusat nya sendiri berlokasi di depan Ruko Alfamart Grand
Galaxy City, Bekasi Selatan.
Selanjutnya, sasaran pembeli. Dalam menjalankan
usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat. Baik
dalam kalangan bawah, menengah maupun kalangan atas. Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk membeli menu yang kami tawarkan dengan
harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp.30.000,00 hingga Rp.80.000,00.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
Martabak
Mas Alif mengembangkan bisnis kuliner ini tentu sangat berpengaruh dalam
otonomi lingkungan sekitar, seperti mengurangi pengangguran, yang meningkatkan
taraf perekonomian bagi karyawan.
PROFIL PERUSAHAAN
A.
Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Mie Yuk!
Tanggal
Berdiri : 24 Januari 2017
Alamat
Perusahaan : Taman Galaxy Raya, Blok G No.22 Bekasi
No.
Telepon : 021-8207665
Jenis
Perusahaan : Kuliner
Jumlah
Karyawan : 12 orang (2 shift)
Produk : Mie, Bakso, Nasi, Siomay, Ayam
B.
Riwayat
Perusahaan
Pada
jaman sekarang ini orang berbondong-bondong untuk menciptakan usaha sendiri
karena semakin sulitnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Terutama di bidang
kuliner yang tidak ada matinya untuk terus menciptakan sesuatu yang baru dan
sangat menjanjikan, itulah alasan Bu Dewi Margono menciptakan kedai Mie Yuk!
ditambah lagi karena hobi makan dan hobi memasak. Mie Yuk! juga tercipta karena
Bu Dewi memiliki banyak teman, jadi sangat cocok untuk tempat kumpul-kumpul.
Pada tanggal 24 Januari 2017 kedai Mie Yuk! resmi dibuka. Untuk lokasinya juga
cukup strategis, para konsumen bisa menjumpai kedai Mie Yuk! di Taman Galaxy
Raya, Blok G No.22 Bekasi Selatan.
Visi
“Menjadikan
Mie Yuk! sebagai makanan favorit semua kalangan”
Misi
-Menggunakan
bahan-bahan yang berkualitas
-Mengembangkan
inovasi-inovasi terhadap menu dan pelayanannya
-Memanfaatkan
sosial media sebagai tempat promosi
-Menambah
kedai di wilayah-wilayah yang strategis
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber Daya Manusia (SDM)
Dalam
penyeleksian pegawai kami tidak terlalu ketat, karena dalam hal memasak kami lebih
memilih keluarga sendiri.
B.
Manajemen
Keuangan
Kami
menggunakan modal pribadi.
C.
Pengembangan
Bisnis
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami
yaitu mencakup semua kalangan masyarakat. Baik dalam kalangan bawah, menengah
maupun kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk
membeli menu yang kami tawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari
Rp.18.000,00 hingga Rp.37.000,00.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
PROFIL PERUSAHAAN
A.
Deskripsi Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Flasher Eight
Tanggal
berdiri : 18 Maret 2017
Alamat
Perusahaan : Jl. Galaxy Raya Blok A No.10 RT 004 RW 14
Jakasetia Bekasi
No.
Telpon : 081320560666
Jenis
Perusahaan : Fashion
Jumlah
Karyawan : 2 orang
Produk : Pakaian, Topi, Dompet, dan Tas
B.
Riwayat
Perusahaan
Selain
bidang kuliner, bidang fashion merupakan usaha yang sangat menguntungkan karena
setiap waktu mengalami perubahan dan perkembangan. Flasher Eight didirikan oleh
Pak Redy dan Pak Franky karena kami mempunyai cita-cita untuk memiliki brand
fashion tersendiri untuk menyalurkan ide-ide yang kami punya. Awalnya Flasher Eight dipasarkan melalui
sosial media dan dibeberapa pameran, sampai akhirnya pada 18 Maret 2017,
Flasher Eight resmi dibangun dan berdiri di tempat yang cukup strategis yaitu Jl.
Galaxy Raya Blok A No.10 RT 004 RW 14 Jakasetia Bekasi tepatnya di Grand Galaxy
City.
Visi
“Mewujudkan
Flasher Eight untuk Go Internasional”
Misi
-Menggunakan
material-material yang nyaman untuk digunakan
-Mengembangkan
model-model fashion
-Selalu
mengupdate tren masa kini
-Promosi
dengan sekreatif mungkin
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Dalam
penyeleksian pegawai kami tidak terlalu ketat, karena dalam hal memasak kami lebih
memilih dari beberapa kerabat.
Flasher
Eight memiliki 2 karyawan, karena outlet baru jadi, dan pendapatan sehari
sekitar Rp. 600.000,00.
B.
Manajemen
Keuangan
Modal
awal yang kami peroleh berawal dari tabungan pemilik serta pinjaman dari bank. Modal yang kami
dapat digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan toko serta
barang-barang yang hendak dijual di toko.
Jadi
hal yang paling pertama di lakukan adalah mencatat pendapatan serta
pengeluaran disetiap akhir bulan, usaha
Distro ini dapat memperoleh pendapatan sekitar Rp 6.00.000,00 per-hari.
C.
Pengembangan
Bisnis
Target pasar adalah usaha yang berlokasi di
tempat-tempat strategis. Dimana tempat-tempat lokasi banyak dikujungi
masyarakat. Untuk pusat nya sendiri berlokasi di Jl.
Galaxy Raya Blok A No.10 RT 004 RW 14 Jakasetia Bekasi tepatnya di Grand Galaxy
City.
Harga yang kami tawarkan sekitar Mulai dari Rp.200.000,00
hingga Rp.400.000,00.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
PROFIL PERUSAHAAN
A.
Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Roughneck 1991
Tanggal
berdiri : 5 Oktober 2016
No.Telepon :
Alamat
Perusahaan : Jalan Taman Aster,
Grand Galaxy City Bekasi Selatan
Jenis
Perusahaan : Distro
Jumlah
Karyawan : 3 orang
Produk : Kaos, Flanel,
Jaket, Sweater serta Topi
B.
Riwayat
Perusahaan
Tak dapat dipungkiri lagi di era modern seperti
sekarang ini industri fashion sangat dicari oleh masyarakat Indonesia demi
memenuhi kebutuhan akan fashion terbaru. Jenis usaha seperti distro merupakan
bisnis yang dapt menguntungkan para wirausahawan. Karena peluang bisnis
tersebut sangat menjanjikan karena kebutuhan akan fashion saat ini semakin
beragam. Selain keuntungan yang sangat menjanjikan, bisnis ini juga dapat
digunakan sebagai investasi bagi pemilik. Roughneck 1991 berdiri pada tanggal 5
Oktober 2016 dan menjadi salah satu jajaran usaha distro yang cukup dapat
memenuhi kebutuhan akan fashion masyarakat Indonesia. Beridirinya Roughneck
1991 ini disesuaikan dengan selara fashion masyarakat Indonesia serta faktor
pendukung yang memadai untuk menjalankan usaha ini. Roughneck 1991 didirikan
oleh 3 orang yang berkerja sama yaitu Pak Yopi, Pak Fiqi serta Pak Reda. Mereka
bertiga saling berkerja sama untuk mendirikan usaha ini.
Visi :
“Mengedepankan
Roughneck 1991 Yang Berkualitas”
Misi :
- Mengenalkan
brand-brand lokal yang dimiliki Indonesia
- Menjaga
kualitas dalam hal apapun yang dilakukan oleh perusahaan
- Mengembangkan
usaha di beberapa tempat yang strategis agar dikenal di seluruh Indonesia
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber
Daya Manusia
Banyak
hal yang direncanakan, laksanakan serta kami awasi dan evaluasi. Baik bagi yang
baru akan menjalani bisnis ini maupun yang sudah menjalankannya. Tanpa dikelola
dengan baik, bisnis tidak akan berjalan lancer dan akan sulit berkembang.
Kami
sangat mengutamakan kualitas poduksi serta pelayanan terhadap pelanggan. Maka
karyawan yang akan bekerja di perusahaan kami harus yang memiliki semangat
tinggi serta loyalitas kerja yang baik. Saat ini Rpughneck 1991 store sudah
memperkerjakan 3 orang karyawan yaitu 2 orang menjadi shopkipper/kasir serta 1
orang pada bagian gudang.
B.
Manajemen
Keuangan
Modal
awal yang kami peroleh berawal dari tabungan antara 3 pemilik Roughneck 1991.
Modal yang kami dapat digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan toko.
Pihak manajemen keuangan distro kami juga mengelola yang dibantu oleh karyawan
pada bagian shopkipper yang menjalankan transaksi serta mencatat hasil
pendapatan usaha kami. Jadi hal yang paling pertama kami lakukan adalah
mencatat pendapatan serta pengeluaran
disetiap akhir bulan, usaha Roughneck 1991 ini dapat memperoleh
pendapatan Rp 4.000.000,00 hingga Rp 5.000.000,00 per-hari. Jadi dari hasil
pencatatan tersebut dapat mengetahui transaksi apa saja yang terjadi pada
setiap 1 bulan atau setiap bulannya. Dari keuntungan yang di dapatkan itu dapat
digunakan untuk membuka cabang baru.
C.
Pengembangan
Bisnis
Target
pasar adalah usaha yang berlokasi di tempat-tempat strategis dimana tempat itu
banyak dikunjungi masyarakat tetapi merupakan daerah persaingan dalam dunia
industri. Untuk pusat Roughneck 1991 itu sendiri berlokasi di Grand Galaxy
City, Bekasi Selatan.
Selanjutnya
sasaran pembeli dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli Roughneck 1991
yakni mencakup kalangan menengah sampai kalangan atas. Dari kalangan
tersebutsebagian besar mampu untuk membeli produk yang di tawarkan dengan harga
yang terjangkau yakni mulai dari Rp 110.000,00 sampai Rp 350.000,00.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
Roughneck
1991 mengembangkan usaha ini tentunya saja berpengaruh terhadap otonomi di
lingkungan sekitar usaha ini, seperti mengurangi pengangguran karena usaha ini
dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para masyarakat sekitar yang
dapat meningkatkan taraf perekonomian bagi karyawan yang bekerja di Roughneck
1991.
PROFIL
PERUSAHAAN
A .
Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Optik Mikeda
Tanggal
berdiri : tahun 1990
No.
Telepon : 021-553588
Alamat
Perusahaan : Taman Galaxy Blok G
No 7
Jenis
Perusahaan : Penyedia Barang
Jumlah
Karyawan : 4 orang
Produk : Kacamata dan
Soflent
B.
Riwayat
Perusahaan
Tak
dapat dipungkiri lagi di era modern yang
sangat canggih akan teknologi seperti sekarang ini penyedia barang seperti
optik sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh masyarakat Indonesia demi
memenuhi kebutuhan akan kesehatan mata masyarakat. Jenis usaha seperti optik
merupakan bisnis yang dapt menguntungkan para wirausahawan. Karena peluang
bisnis tersebut sangat menjanjikan karena kebutuhan akan kesehatan mata saat
ini semakin dibutuhkan. Selain keuntungan yang sangat menjanjikan, bisnis ini
juga dapat digunakan sebagai investasi bagi pemilik. Optik Mikeda berdiri sejak tahun 1990 dan menjadi salah
satu jajaran usaha optik yang cukup
dapat memenuhi kebutuhan akan fashion kacamata masyarakat Indonesia.
Beridirinya Optik Mikeda ini disesuaikan dengan selera fashion kacamata
masyarakat Indonesia serta faktor pendukung yang memadai untuk menjalankan
usaha ini. Optik Mikeda didirikan oleh Pak Budi Hermawan yang diawali dengan
membuka usaha kacamata dan juga toko roti tapi saat itu usaha yang paling
dicari itu kebutuhan akan kacamata. Jadi pemilik memutuskan untuk hanya membuka
optic yang menyediakan berbagai macam kacamata serta soflent sesuai trend saat
ini.
Visi
:
“Mengedepankan
Optik yang Berkualitas Tinggi”
Misi
:
- Membantu
masyarakat akan kebutuhan mata yang rusak
- Menjaga
kualitas dalam hal apapun yang dilakukan oleh perusahaan
- Mengembangkan
usaha di beberapa tempat yang strategis agar dikenal di seluruh Indonesia
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber
Daya Manusia
Banyak
hal yang direncanakan, laksanakan serta kami awasi dan evaluasi. Baik bagi yang
baru akan menjalani bisnis ini maupun yang sudah menjalankannya. Tanpa dikelola
dengan baik, bisnis tidak akan berjalan lancer dan akan sulit berkembang.
Kami
sangat mengutamakan kualitas poduksi serta pelayanan terhadap pelanggan. Maka
karyawan yang akan bekerja di perusahaan kami harus yang memiliki semangat
tinggi serta loyalitas kerja yang baik. Saat ini optik sudah memperkerjakan 4
orang karyawan yang memiliki semangat kerja serta loyalitas yg tinggi terhadap
perusahaan.
B.
Manajemen
Keuangan
Modal
awal yang kami peroleh berawal dari tabungan pemilik serta pinjaman dari bank. Modal yang kami
dapat digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan toko serta
barang-barang yang hendak dijual di toko. Pihak manajemen keuangan optik juga
mengelola yang dibantu oleh karyawan pada
kasir yang menjalankan transaksi serta mencatat hasil pendapatan usaha.
Jadi hal yang paling pertama di lakukan adalah mencatat pendapatan serta
pengeluaran disetiap akhir bulan, usaha
optik ini dapat memperoleh pendapatan Rp 8.000.000,00 hingga Rp 10.000.000,00
per-hari. Jadi dari hasil pencatatan tersebut dapat mengetahui transaksi apa
saja yang terjadi pada setiap 1 bulan atau setiap bulannya. Dari keuntungan
yang di dapatkan itu dapat digunakan untuk membuka cabang baru di tempat-tempat
strategis berikutnya.
C.
Pengembangan
Bisnis
Target pasar adalah usaha yang berlokasi
di tempat-tempat strategis dimana tempat itu banyak dikunjungi masyarakat
tetapi merupakan daerah persaingan dalam dunia industri. Untuk pusat Optik Mikeda
itu sendiri berlokasi di Taman Galaxy Blok G No 7.
Selanjutnya
sasaran pembeli dalam menjalankan usaha ini sasaran Optik Mikeda yakni mencakup
semua dari kalangan bawah, menengah
sampai kalangan atas. Dari kalangan tersebu tsebagian besar mampu untuk membeli
produk kacamata yang di tawarkan dengan harga yang terjangkau yakni mulai dari
Rp 100.000,00 yang sudah frame dan lensa sampai Rp 3.000.000,00. Terdapat juga
bermacam-macam pilihan soflent dengan harga yang bervariasi.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
Optik
Mikeda mengembangkan usaha ini tentunya saja berpengaruh terhadap otonomi di
lingkungan sekitar usaha ini, seperti mengurangi pengangguran karena usaha ini
dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para masyarakat sekitar yang dapat
meningkatkan taraf perekonomian bagi karyawan yang bekerja di Optik Mikeda. Dan
juga dapat memudahkan masyarakat yang mengalami kerusakan mata seperti minus,
plus ataupun rabun mata tua untuk mencari berbagai macam kacamata. Atau yang
sesekali menginginkan untuk menggunakan soflent juga optik mikeda menyediakan
berbagai macam soflent.
PROFIL PERUSAHAAN
A. Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Juice Oce
Nama
Pemilik : Pak Jati
Tanggal
berdiri : 3 Juni 2016
No.
Telepon : 0819-0809-0883
Alamat
Perusahaan : Depan Ruko Gordyn
Wallpaper, Grand Galaxy City, Bekasi, Selatan
Jenis
Perusahaan : Kuliner
Jumlah
Karyawan : 2 orang
Produk : Aneka jus buah
B. RIWAYAT PERUSAHAAN
Jaman
sekarang ini orang berbondong-bondong untuk menciptakan usaha sendiri karena
semakin sulitnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Dan usaha Pak Jati dalam
mendirikan Juice Oce semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.
Dengan bemodalkan tekat bisnis yang kurang lebih setahun ini mulai ramai banyak
pengunjung karena lokasi berjualan yang strategis.
Visi;
“Hidup
Sehat dengan minum Juice Oce yang bermanfaat dan semakin terdepan”
Misi;
- Memacu diri untuk kreatif dalam
berusaha
- Terampil dalam memasarkan produk
- Terbentuknya makanan sampingan
terbaik dan menyehatkan serta mengedepankan pelayanan.
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Untuk
mengelola bisnis ini saya memerlukan banyak perencanaan, serta evaluasi.
Adapun
penyeleksian karyawan seperti berikut;
- Siap
bekerja hingga larut malam
- Kerja
cepat
Biasanya
kami buka setiap hari pukul 10:00-21:30 yang biasanya dilayani oleh 4 orang
karyawan. Untung jumlah rata-rata pendapatan perharinya sekitar 700-800 ribu.
B.
Manajemen
Keuangan
Modal
awal yang kami peroleh berawal dari tabungan sendiri atau pinjaman dari
beberapa kerabat terdekat. Modal yang kami dapat digunakan untuk membeli
peralatan dan perlengkapan serta bahan baku yang diperlukan untuk keperluan
dagang.
C.
Pengembangan
Bisnis
Target
pasar adalah usaha yang berlokasi di tempat-tempat strategis. Dimana
tempat-tempat lokasi banyak dikujungi masyarakat. Untuk pusat nya sendiri berlokasi
di depan Ruko Gordyn Wallpaper, Grand Galaxy City, Bekasi Selatan.
Selanjutnya,
sasaran pembeli. Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu
mencakup semua kalangan masyarakat. Baik dalam kalangan bawah, menengah maupun
kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli
menu yang kami tawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp.10.000,00
hingga Rp.15.000,00.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
Mengembangkan
bisnis kuliner ini tentu sangat berpengaruh dalam otonomi lingkungan sekitar,
seperti mengurangi pengangguran, yang meningkatkan taraf perekonomian bagi karyawan.
PROFIL PERUSAHAAN
A. Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Simply Veggie
Nama
Pemilik : Sinhin
Tanggal
berdiri : 5 November 2016
No.
Telepon : 021-8243-4488
Alamat
Perusahaan : Jl. Taman Galaxy Raya
Blok H No.14, Bekasi Selatan
Jenis
Perusahaan : Kuliner
Jumlah
Karyawan : 4 orang (2 kasir, koki 4)
Produk : Makanan Vegetarian
B. RIWAYAT PERUSAHAAN
Dalam
membangun sebuah usaha dibidang jasa perlu pertimbangan antara jasa hingga ke
kepuasan konsumen sebagai tujuan dari usaha. Dalam sebuah usaha jasa, keunikan
adalah salah satu modal dalam sebuah usaha jasa memiliki identitas untuk eksis
dalam dunia usaha. Tidak jarang konsumen mencari nilai unik yang ada sebagai
pemenuhan rasa penasaran dan kepuasannya. Apa lagi pada bidang jasa makanan.
Fenomena yang ada contohnya pada kedai Simply Veggie yang menyediakan hidangan
Vegetarian. Simply Veggie sendiri didirikan tanggal 5 November 2016 oleh Sinhin
yang awalnya memeiliki ketertarikan untuk menciptakan sebuah terobosan menu
baru yaitu makanan sehat vegetarian. Untuk lokasi juga strategis, bisa
dikunjungi langsung di Jl. Taman Galaxy Raya Blok H No.14, Bekasi Selatan.
Visi;
“Menjadi salah satu perusahaan
makanan yang menjadi pilihan utama konsumen untuk hidup sehat”
Misi;
- Mendidik
tenaga kerja yang berkompeten dan bisa mandiri
- Memuaskan
konsumen.
- Berguna
bagi masyarakat banyak
- Menjadi
perusahaan yang terdepan di bidangnya
MANAJEMEN PERUSAHAAN
A.
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Kami juga sangat mengutamakan kualitas
karyawan yang sudah berpengalaman terutama dalam bidang memasak. Adapun
penyeleksian karyawan seperti berikut;
Lulusan D3;
-D3 Jurusan Tata Boga sebagai Koki atau
Chef.
-D3 Desain Komunikasi Visual (DKV)
sebagai Designer interior restaurant.
-Disiplin, rapih, jujur dan cekatan
dalam bekerja.
Untuk jadwal operasionalnya buka setiap
hari dari pukul 09:00-22:00. Dan biasanya untuk pendapatan perharinya sekitar
1-2 juta.
B.
Manajemen
Keuangan
Modal yang kami peroleh melalui tabungan dan
pinjaman melalui suatu bank. Modal yang kami dapat digunakan untuk membeli
peralatan, bahan baku dan perlengkapan kedai. Pihak manajemen keuangan kedai
kami juga mengelola yang dibantu oleh tenaga kerja
chasier sebagai orang yang mencatat transaksi. Jadi hal pertama yang kami
lakukan adalah mencatat segala pengeluaran dan pendapatan disetiap akhir bulan,
dari pencatatan tersebut dapat
mengetahui transaksi apa saja yang telah terjadi pada 1 bulan ini atau setiap
bulannya.
C.
Pengembangan
Bisnis
Target
pasar adalah usaha yang berlokasi di tempat-tempat strategis. Dimana
tempat-tempat lokasi banyak dikujungi masyarakat. Untuk pusat nya sendiri
berlokasi di depan Jl. Taman Galaxy Raya Blok H No.14, Bekasi Selatan.
Selanjutnya,
sasaran pembeli. Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu
mencakup semua kalangan masyarakat. Baik dalam kalangan bawah, menengah maupun
kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli
menu yang kami tawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp.23.000,00
hingga Rp.26.000,00.
PENGARUH PERUSAHAAN TERHADAP OTONOMI DAERAH
Bisnis
kuliner ini tentu sangat berpengaruh dalam otonomi lingkungan sekitar, seperti
mengurangi pengangguran, yang meningkatkan taraf perekonomian bagi karyawan.
A.
Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : QueenBeer ®
Tanggal
Berdiri : 24 September 2010
Alamat
Perusahaan : Jl. Taman Aster BV/10
Grand Galaxy City Bekasi
Pendiri : Martias
Jenis
Perusahaan : Distribution Outlet
Jumlah
Karyawan : 5 Orang
Produk : Pakaian
No.
Telpon : 082312409107
Website : queenbeer.com
B.
Riwayat
Perusahaan
Pada masa ini, anak remaja sampai dewasa
sangat memperhatikan gaya berpakaian mereka untuk menjadi lebih Up to date. Dan pada akhirnya banyak juga orang atau
pengusaha – pengusaha yang ingin membangun sebuah pasar fashion ritel, seperti halnya QueenBeer®. QueenBeer® telah menjadi
salah satu jins dan peritel pakaian terkemuka di negeri ini. QueenBeer® selalu
terkenal dalam menangkap tren terbaru untuk menjaga QueenBeer® menjadi merk
terbaik di kota. Pada bulan September 2010 QueenBeer® baru saja meluncurkan
toko di daerah Bekasi Selatan, toko terbaik di kota. Bukan hanya QueenBeer®
yang bisa anda temukan disini, masih banyak merk lokal terbaik yang tersedia
disini.
C.
Visi
dan Misi Perusahaan
Visi
Menyediakan
pakaian distro berkualitas dengan desain yang bagus, unik, kreatif, dan sesuai
dengan gaya berpakaian anak muda masa kini
Misi
Menciptakan
atau memproduksi pakaian yang dapat diterima dan dikonsumsi oleh para remaja
dan menjadi distro favorite penggila fashion
Manajemen
Perusahaan
·
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Sumber daya
manusia merupakan faktor produksi yang harus ada dan relatif lebih penting bagi
sebuah organisasi atau institusi, karena hampir seluruh kegiatan operasional
organisasi atau institusi dilakukan oleh manusia. Pencapaian tujuannya sangat
bergantung pada kualitas sumber daya manusia. Untuk mendapatkan sumber daya
manusia yang berkualitas, organisasi harus merancang sistem pengadaan karyawan
atau pekerja yang tepat. QueenBeer® sangat mengutamakan kualitas karyawan yang
sudah berpengalaman terutama dalam bidang industri ritel fashion. Adapun penyeleksian karyawan atau pekerja di QueenBeer®
adalah seperti berikut ini :
Ø Lulusan
S1 Akuntasi max. 25 tahun sebagai bagian keuangan
Ø Lulusan
S1 Manajemen max. 25 tahun sebagai Store Manajer
Ø Lulusan
SMA/SMK max. 25 tahun sebagai Shop Keeper
proses penyeleksian karyawan atau
pekerja adalah dengan mengikuti masa uji coba kerja selama 3 bulan penuh untuk
mengetahui kemampuan dan kompetensi mereka. Dan QueenBeer® menerapkan sistem
shift untuk para karyawan atau pekerjanya, untuk shift 1 mulai dari pukul 10.00
– 18.00 WIB dan shift 2 mulai dari pukul 14.00 - 22.00 WIB.
·
Manajemen
Keuangan
Modal yang
diperoleh adalah dana milik pribadi. Setelah itu, QueenBeer® mulai membeli
peralatan dan perlengkapan untuk bahan pendukung di toko QueenBeer®. Pada
bagian keuangan akan selalu membuat laporan keuangan bulanan di setiap akhir
bulan, menghitung jumlah barang yang di produksi pada bulan tersebut dan
menghitung jumlah barang yang keluar pada bulan tersebut.
·
Pengembangan
Bisnis
Untuk
mengembangkan bisnis ini, QueenBeer® akan segera membuka cabang – cabang baru
di setiap daerah yang strategis dan banyak peminat produk yang QueenBeer® jual.
Lalu, QueenBeer® akan membuka stand
di event yang ada di Indonesia ini
guna memperkenalkan produk yang dihasilkan.
Pengaruh Perusahaan
Terhadap Otonomi Daerah
Didalam era perekonomian Indonesia yang
semakin terpuruk sejak krisis melanda, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
merupakan unit usaha yang paling kuat bertahan, karena UMKM adalah salah satu
kekuatan pendorong perekonomian Indonesia khususnya daerah Grand Galaxy City.
QueenBeer® sebagai pelaku usaha produktif yang memiliki penghasilan dengan
jumlah yang demikian besar telah memberikan andil yang tidak sedikit dalam
perekonomian di daerah Grand Galaxy City. Oleh karena itu, QueenBeer® juga
memberikan sumbangan berupa pajak daerah, retribusi daerah, dana perimbangan,
dan lainnya.
A.
Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Not For Sale
Tanggal
Berdiri : 13 Maret 2017
Alamat
Perusahaan : Jl. Taman Aster P1/24
Grand Galaxy City Bekasi
Pendiri : Hendra Maulana S.E
Jenis
Perusahaan : Distribution Outlet
Jumlah
Karyawan : 3 Orang
Produk : Pakaian
No.
Telpon : 081284379262
B.
Riwayat
Perusahaan
Not
For Sale adalah sebuah distribution
outlet (distro) yang berasal dari kota hujan yaitu Bogor, Not For Sale
menyediakan desain yang menarik untuk kaos dan beberapa pakaian lainnya serta
sepatu. Diprakarsai oleh Hendra Maulana S.E, yang berkeinginan untuk
memperkenalkan merk bogor kepada masyarakat luas. Ia ingin produk dari Bogor
pun tak kalah saing dengan produk – produk dari kota lainnya.
C.
Visi
dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi
salah satu distro yang menjadi pilihan utama konsumen dengan memberikan nilai
terbesar kepada konsumen
Misi
Dengan
menggunakan bahan – bahan yang berkualitas, Not For Sale memproduksi berbagai
produk yang sangat digemari dan diminati oleh masyarakat
Manajemen
Perusahaan
·
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Not For Sale sangat mengutamakan
kualitas pekerja yang sudah berpengalaman dibidang fashion ritel untuk mengembangkan dan memberi inovasi – inovasi
terbaru yang akan membuat Not For Sale menjadi lebih besar dan berkembang.
Adapun pekerja yang digunakan dengan kualifikasi sebagai berikut :
Ø Lulusan
D3 Ekonomi max. 25 tahun sebagai Store Manajer
Ø Lulusan
D3 Desain Komunikasi Visual max. 25 tahun sebagai designer
Ø Lulusan
SMA/SMK max. 25 tahun sebagai Shop Keeper
Para pekerja akan mengikuti training
selama 3 bulan penuh, dan para pekerja akan dikenakan sistem shift, untuk shift
1 dimulai pukul 10.00 – 18.00 WIB dan untuk shift 2 dimulai pukul 14.00 – 22.00
WIB. Not For Sale berharap agar dapat mengembangkan karyawan dengan inovasi
yang diberikan dan kreatifitasnya.
·
Manajemen
Keuangan
Modal
yang kami peroleh adalah dari pinjaman melalui sebuah bank. Modal yang kami
peroleh kami gunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan yang mendukung
toko kami. Dan para store manajer akan mencatat laporan keuangan setiap bulan
di bulan terakhir.
·
Pengembangan
Bisnis
Untuk
mengembangkan bisnis kami, kami berniat untuk membuka beberapa cabang di daerah
yang strategis dan banyak penggila fashion
masa kini. Dan kami akan ikut serta dalam event yang diselenggarakan di
Indonesia maupun luar negeri demi mengenalkan produk ini.
Pengaruh Perusahaan Terhadap Otonomi Daerah
Not For Sale mengembangkan bisnis ini
berpengaruh dalam otonomi daerah sekitar toko kami, seperti mengurangi
pengangguran dengan adanya lapangan pekerjaan yang mampu meningkatkan taraf
perekonomian bagi pekerja.
PENUTUP
1. KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan di atas maka kesimpulan yang dapat
digambarkan mengenai makalah tentang kegiatan UMKM yang berpengaruh pada otonomi daerah agar produk yang
akan dipasarkan ini bisa diterima oleh seluruh kalangan, sebaiknya kita harus
mengetahui dan melakukan beberapa hal, yakni; membuat produk yang berkualitas, laris dan
bermanfaat untuk dijual dengan harga yang mampu bersaing, membuat desain atau
cover produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga terjangkau, membuat
produk yang bisa lebih cepat dan tentunya tahan lama serta menentukan wilayah
pemasaran yang strategis sehingga bisa bersifat menguntungkan. Selain itu, adanya
UMKM didaerah tersebut dapat menambahkan penerimaan daerah setempat dan
mengurangi pengangguran yang ada di daerah itu.
2. DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar